CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
♥ AllahSWT ♥ MuhammadSAW ♥ Islam ♥ mamapapa ♥ adityaindrawan ♥ vetalisatika ♥ psychology ♥ 2PA05 ♥ temagunadarma ♥ anakkecil ♥ makan ♥ tidur ♥ wisatakuliner ♥ airputih ♥ belanja ♥ driving ♥ maingame ♥ dengerinmusik ♥ bacanovel ♥ bacakomik ♥ nontonfilm ♥ spongebobpatrick ♥ doraemon ♥ tomandjerry ♥ bonekaberuang ♥ dinosaurus ♥ monkey ♥ kumbang ♥ kucing ♥ hamsters ♥ kelinci ♥ burungkakaktua ♥ panda ♥ apple ♥ jeruk ♥ pepaya ♥ semangka ♥ manggis ♥ mangga ♥ anggur ♥ kiwi ♥ purple ♥ blue ♥ green ♥ white ♥ black ♥ red ♥ brown ♥ orange ♥ bantalkecil ♥ batik ♥

About Me

My photo
I'm a student of psychology. I'm just an ordinary girl who has many dreams and desires.

Sunday

Internet...

     Semua orang tau kok internet itu apa. Ngga hanya remaja, mahasiswa atau orang kantoran saja yang tau, sekarang anak usia sekolah dasar saja sudah dikenalkan pada internet. Ngga seperti jaman saya dulu yang hanya baru sekedar tau internet saat SMP dan mendalaminya saat SMA. Sekarang dengan kemajuan teknologi, semua orang bisa menikmati internet dimana pun dan kapan pun saat dibutuhkan atau tidak. Apalagi nternet pada zaman sekarang sangat membantu bagi para penggunanya. Dari hanya sekedar browsing, buka social network sampai berbisnis online pun kita sangat membutuhkannya. Tapi hanya sedikit orang yang mengerti sejarah internet itu apa. Kali ini saya akan mencoba mengulas sejarah internet. Semoga bermanfaat :)

     Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkain dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
     Internet juga merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
     Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah di mana meraka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehinggan membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
     Pada saat ini internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF) yang terbuka untuk umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB).
     Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".
     Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
     Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.
     Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW atau World Wide Web. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
     Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas ialah e-mail/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, WWW (World Wide Web), Gopher, WAIS, finger, IRC, MUD dan MUSH. Di antara semua ini, e-mail/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service) seperti web radio dan webcast yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengiriman pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messengger dan Windows Live Messenger.

Sumber
id.wikipedia.org/Internet dan id.wikipedia.org/Sejarah_Internet :)

No comments:

Post a Comment