CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
♥ AllahSWT ♥ MuhammadSAW ♥ Islam ♥ mamapapa ♥ adityaindrawan ♥ vetalisatika ♥ psychology ♥ 2PA05 ♥ temagunadarma ♥ anakkecil ♥ makan ♥ tidur ♥ wisatakuliner ♥ airputih ♥ belanja ♥ driving ♥ maingame ♥ dengerinmusik ♥ bacanovel ♥ bacakomik ♥ nontonfilm ♥ spongebobpatrick ♥ doraemon ♥ tomandjerry ♥ bonekaberuang ♥ dinosaurus ♥ monkey ♥ kumbang ♥ kucing ♥ hamsters ♥ kelinci ♥ burungkakaktua ♥ panda ♥ apple ♥ jeruk ♥ pepaya ♥ semangka ♥ manggis ♥ mangga ♥ anggur ♥ kiwi ♥ purple ♥ blue ♥ green ♥ white ♥ black ♥ red ♥ brown ♥ orange ♥ bantalkecil ♥ batik ♥

About Me

My photo
I'm a student of psychology. I'm just an ordinary girl who has many dreams and desires.

Tuesday

Sistem Informasi Psikologi

      Ada beberapa tokoh yang mendefinisikan tentang Sistem Informasi Psikologi. Namun, sebelum saya menjelaskan tentang Sistem Informasi Psikologi itu apa, saya akan menjelaskan pengertian satu persatu tentang Sistem, Informasi dan Psikologi terlebih dahulu menurut beberapa tokoh.

Pengertian Sistem

      Kata sistem berasal dari bahasa Latin 'systema' dan bahasa Yunani 'sustema'. Pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Adapun pengertian sistem secara umum adalah perangkat unsur yang teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.
      Adapun pengertian menurut beberapa ahli. Menurut Lani Sisharta, sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama. Selain itu, menurut Harijono Djojodihardjo, suatu sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional. Sedangkan Indrajit mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antar satu dengan lainnya.
      Jadi, dari pengertian beberapa tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Informasi

      Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna untuk membuat keputusan. Informasi berguna untuk pembuat keputusan karena informasi menurunkan ketidakpastian. Informasi menjadi penting karena berdasarkan informasi itu para pengolah dapat mengetahui kondisi obyektif perusahaannya. Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hal dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambil keputusan. Sumber dari informasi itu sendiri adalah data.
      Menurut Raymond Mc. Leod, informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambil keputusan saat ini atau mendatang. Selain itu, menurut George H. Bodnar, informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Gordon B. Davis juga menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
      Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian / penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

Pengertian Psikologi

      Psikologi berasal dari bahasa Yunani psychology yang merupakan gabungan dari kata psyche dan logos. Psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Secara harfiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilku dan fungsi mental manusia secara umum.
      Menurut Plato dan Aritoteles, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir. Sedangkan menurut John Broadus Watson, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon). Selain itu menurut Dr. Singgih Dirgagunarsa, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
      Jadi, dapat disimpulkan bahwa Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Pengertian Sistem Informasi Psikologi

      Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Psikologi adalah suatu sistem yang berasal dari teknologi yang pengendaliannya dimaksud untuk mengumpulkan, mengelola dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat manusia secara langsung sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan untuk penelitian. Salah satu contoh dari Sistem Informasi Psikologi adalah dalam pengambilan data tes psikologi yang pada umumnya menggunakan komputer.

Sumber :

No comments:

Post a Comment