CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
♥ AllahSWT ♥ MuhammadSAW ♥ Islam ♥ mamapapa ♥ adityaindrawan ♥ vetalisatika ♥ psychology ♥ 2PA05 ♥ temagunadarma ♥ anakkecil ♥ makan ♥ tidur ♥ wisatakuliner ♥ airputih ♥ belanja ♥ driving ♥ maingame ♥ dengerinmusik ♥ bacanovel ♥ bacakomik ♥ nontonfilm ♥ spongebobpatrick ♥ doraemon ♥ tomandjerry ♥ bonekaberuang ♥ dinosaurus ♥ monkey ♥ kumbang ♥ kucing ♥ hamsters ♥ kelinci ♥ burungkakaktua ♥ panda ♥ apple ♥ jeruk ♥ pepaya ♥ semangka ♥ manggis ♥ mangga ♥ anggur ♥ kiwi ♥ purple ♥ blue ♥ green ♥ white ♥ black ♥ red ♥ brown ♥ orange ♥ bantalkecil ♥ batik ♥

About Me

My photo
I'm a student of psychology. I'm just an ordinary girl who has many dreams and desires.

Wednesday

Pengaruh Game Online


Game online…


      Yapp, siapa sih yang ngga tau game online. Pasti semua orang tau lah apa itu game online, dari anak TK sampe orang dewasa yang udah bangkotan pun juga tau apa itu game online.

      Nah, game online itu sendiri merupakan game yang dimainkan dalam suatu jaringan baik itu dengan internet maupun dengan LAN. Keberadaan dari game online dan pengaruhnya bagi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, sendirinya masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa game online adalah pemicu kekerasan dalam dunia nyata, seperti membunuh dan memukul orang lain. Serta dengan makin banyaknya bermunculan game maka makin banyak pula kejahatan yang disebabkan oleh karakter yang ada di dalam game tersebut atau yang sering disebut hack. Tetapi game online juga membawa keuntungan bagi orang yang memainkannya.

      Selain itu, bisnis warnet di Indonesia semenjak beberapa tahun terakhir ini terlihat sangat begitu pesat. Di beberapa warnet umumnya dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabiskan waktu dan uang jajannya hanya untuk bermain game online dan terkadang mereka rela untuk tidak masuk sekolah (bolos) hanya demi bermain game online seharian. Bahkan ada juga yang rela menginap di warnet itu hanya untuk bermain game online saja.

      Permainan game online bagi kalangan pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anak-anak TK pun bukanlah hal yang asing lagi di zaman sekarang ini. Banyak fakta yang kita jumpai dengan survey ke warnet-warnet, maka tidak jarang kita menemukan kalangan remaja bahkan anak-anak yang sedang main game online. Dari berbagai warnet yang bisa kita temui di sekitar Jakarta, hampir mayoritas dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 12.00 siang dipenuhi oleh anak-anak dengan pakaian seragam sekolah yang sedang bermain game online.

      Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan yang mereka gunakan untuk meyakinkan orang tua mereka, dari yang alasannya belajar kelompok di rumah teman hingga ada acara penting disekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak-anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah.

      Peran orang tua dan lingkungan sekitar adalah factor penentu dari pengaruh remaja dalam bermain game online. Dengan adanya dukungan/pengawasan dari keluarga dan lingkungan sekitar, setidaknya bisa mengurangi dampak dan pengaruh dari game online ini. Sehingga generasi penerus ini tidak terhanyut dalam perkembangan teknologi yang nantinya bisa merusak masa depan mereka bahkan bangsa ini.



Sumber

No comments:

Post a Comment